Visi Misi

Visi SMP Negeri 1 Durenan

Bermutu, Berbudaya, Berwawasan Imtaq

Indikator Visi
Adapun indikator untuk mewujudkan visi tersebut di atas sebagai berikut :
  • Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif
  • Terwujudnya proses pembelajaran yang inovatif, efektif dan efisien
  • Terwujudnya lulusan yang cerdas dan kompetitif yang berwawasan Imtaq
  • Terwujudnya sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap, relevan dan mutakhir
  • Terwujudnya Sumber Daya Manusia pendidikan yang profesional dan memiliki Integritas tinggi
  • Terwujudnya kelembagaan dan manajemen sekolah yang tangguh
  • Terwujudnya penggalangan pembiayaan pendidikan yang memadai
  • Terwujudnya pengembangan sistem penilaian yang otentik, variatif dan berkualitas tinggi
  • Terwujudnya pengembangan nilai-nilai luhur budaya bangsa
Pemilihan visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi tersebut menjiwai warga SMP Negeri 1 Durenan untuk mewujudkannya secara berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah.
Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita sekolah yang:
  • Berorentasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
  • Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
  • Ingin mencapai keunggulan
  • Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga sekolah
  • Mendorong adanya perubahan yang lebih baik
  • Mengarahkan langkah – langkah Strategis (misi) sekolah.
Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas.

Misi SMP Negeri 1 Durenan

Untuk mewujudkan visi di atas maka rumusan misi SMP Negeri 1 Durenan sebagai berikut :
1. Mewujudkan pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif
  • Mewujudkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan ke depan.
  • Mewujudkan diversifikasi kurikulum pendidikan agar relevan dengan kebutuhan.
2. Mewujudkan proses pembelajaran yang inovatif, efektif dan efisien
  • Mewujudkan penyelenggaraan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan meyenangkan.
  • Mewujudkan peyelenggaran pembelajaran yang berbasis ICT
3. Mewujudkan lulusan yang cerdas dan kompetitif yang berwawasan Imtaq.
  • Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil, beriman, bertaqwa dan memiliki keunggulan kompetitif.
  • Mewujudkan penyelenggaraan kegiatan Ekstrakurikuler yang memadai dan memenuhi kebutuhan.
4. Mewujudkan sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap, relevan dan mutakhir.
  • Mewujudkan fasilitas Sekolah yang lengkap, relevan dan mutakhir.
5. Mewujudkan Sumber Daya Manusia pendidikan yang profesional dan memiliki integritas tinggi.
  • Mewujudkan SDM (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang profesioanal.
  • Mewujudkan SDM (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang mampu ICT dan bahasa Inggris.
  • Mewujudkan SDM (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang mampu menjadi suri tauladan peserta didik.
6. Mewujudkan kelembagaan dan manajemen sekolah yang tangguh..
  • Mewujudkan Manajemen berbasis Sekolah yang tangguh berbasis Teknologi Informasi Komunikasi.
  • Mewujudkan Kelembagaan Sekolah yang mau belajar dan dinamis.
7. Mewujudkan penggalangan pembiayaan pendidikan yang memadai.
  • Mewujudkan Pembiayaan Pendidikan yang memadai, wajar dan adil.
  • Meningkatkan peran serta masyarakat melalui Komite Sekolah.
8. Mewujudkan pengembangan sistem penilaian yang otentik, variatif dan berkualitas tinggi.
  • Mewujudkan sistem penilaian yang otentik.
  • Mewujudkan sistem penilaian yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
  • Mewujudkan Model Penilaian yang variatif dan berkualitas tinggi.
9. Terwujudnya pengembangan nilai-nilai luhur budaya bangsa.
  • Mewujudkan budaya tertib, disiplin, santun bagi pendidik dan peserta didik.
  • Mewujudkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan dalam kehidupan.
Di setiap kerja komunitas pendidikan SMP Negeri 1 Durenan selalu menumbuhkan disiplin sesuai dengan aturan bidang kerja masing – masing, saling menghormati dan saling percaya dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerja sama , dan silaturahmi. Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detil dan lebih jelas.